GUSDUR DAN PESAN KEMANUSIAAN

Kyai Haji Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur lahir di Jombang, Jawa Timur pada tanggal 7 September 1940. Ia lahir dengan nama Abdurrahman Adakhil yang berarti sang penakluk. Karena kata “Adakhil” tidak dikenal, maka diganti dengan nama “Wahid” yang lebih dikenal dengan Gus Dur. Gus adalah menghormati kehormatan khas Pesantren kepada seorang anak kiai yang berarti “abang atau mas”. 

Beliau dikenal sebagai guru bangsa dan bapak toleransi, jasa-jasa beliau sangat banyak di bumi NKRI ini. Pemikiran-pemikiranya sampai saat ini masih sering di gunakan. Dalam setiap pemikiran, gerak, dan langkah Gus Dur, sembilan nilai utama dari sosok guru bangsa itu terumuskan. Apa yang dikatakan Gus Dur tidak berbeda dengan apa yang diperbuatnya sehingga muncul idealisme dan akhlak yang kokoh. Sembilan nilai utama Gus Dur ialah: ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, kekesatriaan, dan kearifan lokal. Nilai-nilai ini dihasilkan dari pertemuan simposium pemikiran Gus Dur yang dihadiri sahabat-sahabat dan murid-murid Gus Dur.

Kemanusiaan bersumber dari pandangan ketauhidan bahwa manusia adalah mahluk Tuhan paling mulia yang dipercaya untuk mengelola dan memakmurkan bumi. Kemanusiaan merupakan cerminan sifat-sifat ketuhanan. Kemuliaan yang ada dalam diri manusia mengharuskan sikap untuk saling menghargai dan menghormati. Memuliakan manusia berarti memuliakan Penciptanya, demikian juga merendahkan dan menistakan manusia berarti merendahkan dan menistakan Tuhan Sang Pencipta. Dengan pandangan inilah, Gus Dur membela kemanusiaan tanpa syarat. Gus Dur juga pernah berpesan singkat, namun mendalam dan penuh makna. Beliau mengatakan tiga substansi soal hubungan antar manusia, yaitu “Mari kita wujudkan peradaban di mana manusia saling mencintai, saling mengerti, dan saling menghidupi”. Pesan tersebut termaktub dalam buku Fatwa dan Canda Gus Dur anggitan KH Maman Imanulhaq (2010).

Sumber :

Kelas Pemikiran Gusdur, Jaringan Gusdurian.

https://www.nu.or.id/post/read/116954/syarah-9-nilai-utama-gus-dur https://islam.nu.or.id/post/read/100445/tiga-pesan-kemanusiaan-gus-dur

Muhammad Nurullah

 

Komentar