Habib Umar Muthohar: Ikhtiar Pencegahan Corona Lakukan 6M

elmihrab.com - Ikhtiar untuk mencegah penularan Covid-19 yang dicanangkan Pemerintah yakni 5M, namun menurut Habib Umar Muthohar ikhtiar tersebut harus ditambah 1 menjadi 6M.

Habib Umar mengatakan, 6M yang dimaksud yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan yang terakhir mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Menurutnya, ikhtiar M yang keenam meskipun yang terakhir tetapi itu justru yang paling penting.

"Saya kok tidak mendapatkan M yang keenam. Padahal kalau kita tambahkan M yang keenam 'Memanjatkan Doa'," terang Habib Umar, saat Tausiyah dalam rangka Haul KH. Abdul Hadi Zahir dan Masyayikh Ke-51 di PonPes Langitan, Kamis, 16 September 2021.

Habib Umar yang juta Pengasuh Majelis Taklim dan PP Al Madinah Gunungpati Semarang menjelaskan, bahwa meski sudah menjalankan 5M untuk mencegah penularan Corona namun kalau M yang keenam tidak dilakukan Corona masih bisa tembus.

Tidak disebutkannya M yang keenam dalam pencegahan Corona, lanjut Habib Umar, ini menjadi tugas para santri membina masyarakat supaya dalam hal papun jangan pernah melupakan memanjatkan do'a kepada Allah SWT.

Bahkan Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk selalu memanjatkan doa, mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur kembali.

"Do'a itu mengundang keterlibatan Allah SWT. Kalau Allah sudah terlibat dalam do'a kita pasti selesai semua" ungkap Habib Umar.

Oleh karena itu, kelihatannya berdo'a itu sepele tetapi itu hal yang sangat hebat. Kelihatannya kecil tetapi itu hal yang besar.

"Berdo'a itu menyelesaikan masalah tanpa masalah," kata Habib Umar.

Kegiatan Haul KH. Abdul Hadi Zahir dan Masyayikh yang dilaksanakan secara daring atau online dan luring atau offline. 

Alumni PonPes Langitan dari berbagai wilayah mengikuti kegiatan tersebut secara virtual melalui zoom meeting.


 

Komentar