"GusJiGang" Filosofi Sayyid Jafar Shodiq Atau Sunan Kudus Dalam Berdakwah

elmihrab.com - filosofi Sayid Jafar Shodiq atau Sunan Kudus dalam berdakwah adalah "GusJiGang".  Makna Gus JiGang sendiri adalah bocah baGus budi pekerti pinter ngaJi pinter daGang dari Sunan Kudus. Namun istilah kata GusJiGang saat ini semakin dikubur dan jarang diketahui oleh umat.

Banyak generasi sekarang tidak mengetahui apa arti maksud dari GusJigang. Istilah GusJiGang, diajarkan oleh Sunan Kudus untuk masyarakat agar masyarakat islam di kudus khususnya dan masyarakat Islam pada umumnya agar mempunyai budi pekerti yang bagus atau baik, bisa mengaji atau rajin beribadah/Beramal Shalih serta pandai berdagang seperti yang pernah dilakukan Rasullluah SAW. 

Bagus dalam berperilaku, Bagus dalam ngaji dan bagus dalam berdagang/pekerjaan adalah salah satu kunci sukses dalam mengarungi kehidupan di dunia dan akhirat.

Rasulullah diberi oleh Allah SWT keistimewaan Jawami’ al-Kalim yaitu bahwa Nabi SAW berbicara dengan kalimat yang ringkas, lafadznya pendek, namun memiliki banyak makna.

Setiap para wali dan ulama shalih mendapat keberkahan Rasulullah, diberi kalimat yang pendek namun memiliki cakupan makna yang luas dalam berdakwah. Dan Gusjigang adalah salah satu kalimat dakwah yang pendek namun memiliki makna yang luas, yang jika di kaji akan menghasilkan banyak ilmu yang bermanfaat bagi umat manusia.

Semoga bermanfaat.

 

Habib Nauval Muthohar

(Pengasuh Majelis Ta’lim Ribath An-Nur)

Komentar