Keberkahan Dalam Hidup

Diceritakan suatu saat Syaikh Ahmad Khotib As-Sambassi (Mursyid Thariqah Qodiriyah Naqsabandiyah) dalam keadaan sakit di Mekah. Lalu beliau menunjuk salah satu murid yang dicintai nya yaitu Syaikh Abdul Karim Al Bantani untuk datang ke Mekah dan menggantikan posisi nya untuk mendidik murid muridnya.

Seketika Syaikh Abdul Karim langsung menuju ke Mekah sesuai dawuh gurunya. Beliau menggantikan posisi gurunya dalam mengajar thariqah sepeninggal gurunya. Hingga akhir hayatnya Syaikh Abdul Karim menetap di Mekah, sesuai perintah gurunya.

Dan diantara murid kinasih Syaikh Abdul Karim adalah Syaikh Ibrahim Brumbung (Mranggen Demak). Beliau termasuk khalifah Syaikh Abdul Karim dalam menyebarkan thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah.

Keberkahan tidak bisa hadir secara tiba tiba. Keberkahan ada sanad nya. Seseorang mendapat berkah dari guru nya, gurunya mendapatkan berkah dari guru nya lagi. Begitu seterusnya sampai para sahabat mendapatkan keberkahan dari Rasulullah SAW.

Ilmu yang sedikit tapi berkah lebih bermanfaat daripada ilmu banyak tapi tidak berkah. Keberkahan ada pada sambungan ruhani antara seorang guru dan muridnya serta sambungan ruhani seseorang kepada orang orang shalih. Semoga kita mendapatkan keberkahan dalam hidup ini..Aamin

 

Habib Nauval Bin Idrus Al Muthohar
Nb : Ziarah Syawalan di Makam Syaikh Ibrahim Brumbung 

Komentar