Al-Habib Idrus bin Muhammad Al-Habsyi Cirebon

elmihrab.com - Beliau adalah Al-Allamah Al-Habib Idrus bin Muhammad bin Ahmad bin Jafar bin Ahmad bin Zain Al-Habsyi. Kakek beliau Al-Habib Ahmad bin Zain Al-Habsyi (Hauthoh) adalah Murid kinasih Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Hadddad (Shohibur Ratib). 

Al-Habib Jafar bin Ahmad bin Zain juga terkenal alim dan banyak karomah yang muncul dari diri beliau. Al-Habib Idrus adalah salah satu contoh orang shalih yang lahir dari ayah, kakek hingga buyutnya semuanya orang shalih. 

Jika kita bicara tentang Al-Habib Idrus, jarang yang tau kiprah dakwah beliau. Akan tetapi jika kita melihat kiprah dakwah anaknya, yaitu Al-Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi (Ampel Gubah Surabaya), sangat mewarnai dakwah di Indonesia. Al-Habib Muhammad lah yang awal membuka majlis Maulid Simtuduror di Indonesia. Karena beliau adalah murid kinasih Al-Imam Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi (Penulis kitab Maulid Simtuduror). 

Kini majlis Simtuduror tersebar luas diseluruh Indonesia. Dibaca dimana mana, dari rumah ke rumah hingga masjid masjid. Semua tidak terlepas dari dakwah Al-Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi dalam menyebarkan kitab Maulid Simtuduror. Nama Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi sangat masyhur dikalangan Habaib, Kyai dan santri santri di Indonesia. Tapi tidak dengan nama sang ayah yaitu Al-Habib Idrus Al-Habsyi. 

Habib Idrus lah yang mula mula datang ke Jawa untuk berdakwah, beliau tinggal di Jatiwangi Jawa Barat dan wafat serta di makamkan di Cirebon. Makam beliau terletak di kampung yang sempit, bahkan makam beliau menyatu dengan rumah penduduk. Butuh waktu bertanya tanya tentang makam beliau dan Alhamdulillah kami bisa berziarah ke makam beliau. 

Orang yang mulia tidak bisa berdiri sendiri. Orang yang mulia terbentuk dari bibit yang mulia, didikan yang mulia dan perilaku yang mulia. Terkadang kita melupakan itu semua. Maulid Simtuduror tersebar di Indonesia berkat dakwah Al-Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi. Habib Muhammad berdakwah ke Indonesia, karena ayahnya Al-Habib Idrus sudah lebih dahulu datang ke Indonesia. Jadi kemuliaan akan terikat dan terhubung antar satu dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Komentar